Metode
mengajar sangat penting, bahkan lebih penting bagi pelajaran itu
sendiri. Bagaimana tidak, metode mengajar menentukan sampai dimana siswa
memahami dan mengerti pelajaran yang diberikan oleh guru. Bagaimanapun
hebatnya seorang guru, dan bagaimanapun pentingnya pelajaran yang akan
diberikan kepada siswa, akan sia-sia jika siswa tidak mampu memahami
pelajaran yang diberikan.
Guru
yang efektif adalah mereka yang selalu memperdalam keahliannya dalam
bidang pengajaran agar pengajaran yang dilakukannya bermamfaat untuk
anak didiknya. Keefektifan mengajar seorang guru dapat dilihat dari dua
aspek, yaitu banyaknya tujuan pembelajaran yang berhasil dicapai oleh
siswa dan pola pembelajaran yang berhubungan dengan dengannya seperti
efektivitas waktu, tenaga dan usaha yang dicurahkan oleh guru.
Keefektifan pengajaran juga dapat dilihat dari perkembangan sosialisasi
dan kemandirian siswa.
Semakin
banyak yang dicapai oleh siswa, semakin efektif metode pengajaran yang
diberikan oleh guru yang bersangkutan. Jadi keberhasilan sebuah metode
yang diterapkan oleh guru, diukur dari pencapaian siswa yang
dihadapinya.
Menurut Oliva dkk (1980) keefektifan pengajaran guru dalam mengajar mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
- Guru mempunyai konsep konsep kemandirian yang tinggi dalam mengajar
- Mempunyai pendidikan yang baik
- Mempunyai pengetahuan dan minat dalam bidang yang diajar
- Memiliki prinsip dasar dalam proses pembelajaran
- Mementingkan keberhasilan siswa
- Bersikap adil pada semua siswa
- Menjelaskan suatu hal dengan terperinci dengan jelas
- Berpikiran terbuka
- Mampu membuat siswa senang dalam mengikuti sesi pembelajaran
- Menggunakan teknik dan metode pembelajaran yang efektif
- Dapat menjaga jalannya proses pembelajaran dalam kelas.
Berdasarkan
ciri-ciri ini, jelaslah bahwa metode pengajaran yang efektif adalah hal
yang penting dalam menjadikan guru seorang yang efisien dan efektif.
Walaupun begitu, keefektifan pengajaran juga bergantung pada respons
siswa terhadap arahan guru, juga kondisi lingkungan pembelajaran, sarana
dan prasarana belajar dan hal yang menunjang pembelajaran lainnya,
sangat menentukan efektivitas pengajaran.