Contoh Proposal PTK
|
Tuesday, 25 December 2007
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Berikut ini contoh sebuah
proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
PROPOSAL
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
( PTK )
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
MELALUI TEHNIK
PEMBERIAN TUGAS PEKERJAAN RUMAH
BAGI SISWA
KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SAMUDRA KULON
Disusun oleh :
NURSIDIK KURNIAWAN,
A.Ma.Pd.SD
PROPOSAL
PENELITIAN TINDAKAN
KELAS
I. JUDUL
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
MELALUI TEHNIK PEMBERIAN TUGAS PEKERJAAN RUMAH
BAGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SAMUDRA KULON
II. BIDANG KAJIAN
Pembelajaran Matematika dan Pemberian Pekerjaan Rumah.
III. PENDAHULUAN
1. Latar
Belakang
Pendidikan adalah investasi jangka panjang yang memperlukan
usaha dan dana yang cukup besar, hal ini diakui oleh semua orang atau suatu
bangsa demi kelangsungan masa depannya. Demikian halnya dengan Indonesia
menaruh harapan besar terhadap pendidik dalam perkembangan masa depan bangsa
ini, karena dari sanalah tunas muda harapan bangsa sebagai generasi penerus
dibentuk.
Meski diakui bahwa pendidikan adalah investasi besar jangka
panjang yang harus ditata, disiapkan dan diberikan sarana maupun prasarananya
dalam arti modal material yang cukup besar, tetapi sampai saat ini Indonesia
masih berkutat pada problemmatika ( permasalahan ) klasik dalam hal ini yaitu
kualitas pendidikan. Problematika ini setelah dicoba untuk dicari akar
permasalahannya adalah bagaikan sebuah mata rantai yang melingkar dan tidak
tahu darimana mesti harus diawali.
Terkait dengan mutu pendidikan khususnya pendidikan pada jenjang
Sekolah Dasar ( SD ) dan Madrasah Ibtidaiyah ( MI ) sampai saat ini masih
jauh dan apa yang kita harapkan. Betapa kita masih ingat dengan hangat akan
standarisasi Ujian Akhir Sekolah ( UAS ) dengan nilai masing – masing mata
pelajaran 4,51 dikeluhkan oleh semua para pendidik bahkan oleh orang – orang
tua siswa sendiri, karena anak atau siswanya tidak dapat lulus. Hal lucu yang
sebenarnya tidak perlu terjadi. Melihat kondisi rendahnya prestasi atau hasil
belajar siswa tersebut beberapa upaya dilakukan salah satunya adalah
pemberian tugas berupa kepada siswa. Dengan pemberian pekerjaan rumah kepada
siswa diharapkan siswa dapat meningkatkan aktifitas belajarnya, sehingga
terjadi pengulangan dan penguatan terhadap meteri yang diberikan di sekolah
dengan harapan siswa mampu meningkatkan hasil belajar atau prestasi siswa.
IV. PERUMUSAN DAN PEMECAHAN MASALAH
1. Perumusan
Masalah
Berdasarkan latar belakang permasalahan sebagaimana tersebut
didepan, maka rumusan permasalahan yang diajukan dalam proposal ini adalah :
Apakah melalui tehnik pemberian tugas pekerjaan rumah dapat
meningkatkan prestasi belajar Matematika bagi siswa kelas VI Sekolah Dasar
Negeri 1 Samudra Kulon ?
1. Pemecahan
Masalah
Siswa yang mendapatkan perhatian dan perlakuan khusus tentunya
akan menghasilkan atau menguasai yang berbeda pula dalam sebuah kelas atau
kelompok bahkan perlakuan individual sekaligus dengan diberikanya perlakuan
dan perhatian yang lebih baik dalam belajar di sekolah maupun di rumah,
tentunya akan lebih baik pula penguasaan kertramilan atau konsep terhadap
mata pelajaran – mata pelajaran yang dipelajarinya. Dengan pemberian PR
secara rutin dan terorganisir dengan baik paling tidak akan mampu
mengkondisikan dalam bentuk motifasi ekstinsik bagi siswa itu sendiri.
Moh. Uzer ( 1996:29) menjelaskan “Motivasi ekstrinsik timbul
sebagai akibat pengaruh dari luar individu, apakah karena adanya ajakan, atau
paksaan orang lain sehingga dengan kondisi yang demikian akhirnya ia mau
melakukan sesuatu atau belajar, misalnya seseorang mau belajar karena ia
disuruh orang tua untuk mendapatkan peringkat pertama.”
Demikian halnya dengan guru memberikan PR dengan harapan baik
itu dirasa memaksa bagi siswa atau itu karena disuruh sebagai tugas dengan
perasaan terpaksa, yang jelas mengkondisikan siswa harus belajar. Dengan pola
demikian tentunya anak yang lebih banyak belajar dirumah akan lebih baik
misalnya dalam mata pelajaran yang dikerjakan..
a. Hipotensis
Hipotensisi yang diajukan dalam proposal
penelitian ini adalah :
“ Melalui tehnik pemberian tugas
pekerjaan rumah dapat meningkatkan hasil belajar matematika bagi siswa kelas
VI SDN 1 Samudra Kulon”
V. TUJUAN
PENELITIAN
1. Tujuan Umum
Tujuan peneliti yang diharapkan dari
penelitian ini menjadi masukan bagi guru dan siswa untuk meningkatkan belajar
di rumah.
2. Tujuan Khusus
Adapaun tujuan khusus dari penelitian ini :
“Untuk mengetahui apakah melalui pemberian
pekerjaan rumah dapat meningkatkan prestasi belajar matematika bagi siswa
kelas VI SDN 1 Samudra Kulon.”
VI. MANFAAT HASIL PENELITIAN
Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat
bagi :
a. SDN
1 Samudra Kulon
Dengan hasil penelitian ini diharapkan SD
Negeri 1 Samudra Kulon dapat lebih meningkatkan pemberdayaan pemberian
pekerjaan rumah agar prestasi belajar siswa lebih baik dan perlu dicoba untuk
diterapkan pada pelajaran lain.
b. Guru
Sebagai bahan masukan guru dalam
meningkatkan mutu pendidikan di kelasnya.
c.
Siswa
Sebagai bahan masukan bagi siswa untuk
memanfaatkan pekerjaan rumah dalam rangka meningkatkan prestasi belajarnya.
VII. KAJIAN PUSTAKA
1. Landasan
Teori
1. Matematika
Istilah Matematika berasal dari bahasa Yunani “Mathematikos”
secara ilmu pasti, atau “Mathesis” yang berarti ajaran, pengetahuan abstrak
dan deduktif, dimana kesimpulan tidak ditarik berdasarkan pengalaman
keindraan, tetapi atas kesimpulan yang ditarik dari kaidah – kaidah
tertentu melalui deduksi (Ensiklopedia Indonesia).
Dalam Garis Besar Program Pembelajaran ( GBPP )terdapat istilah
Matematika Sekolah yang dimaksudnya untuk memberi penekanan bahwa materi atau
pokok bahasan yang terdapat dalam GBPP merupakan materi atau pokok bahasan
yang diajarkan pada jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (Direkdikdas : 1994
)
1. Belajar
Skinner berpandangan bahwa belajar adalah
suatu perilaku. Pada saat orang belajar maka responya menjadi lebih baik dan
sebaliknya bila tidak belajar responya menjadi menurun sedangkan menurut
Gagne belajar adalah seperangkat proses kognitif yang mengubah sifat
stimulasi limgkungan, melewati pengolahan informasi, menjadi kapasitas baru (
Dimyati, 2002-10). Sedangkan menurut kamus umum bahasa Indonesia belajar
diartikan berusaha ( berlatih dsb )supaya mendapat suatu kepandaian (
Purwadarminta : 109 )
Belajar dalam penelitian ini diartikan
segala usaha yang diberikan olh guru agar mendapat dan mampu menguasai apa
yang telah diterimanya dalam hal ini adalah pelajaran Matematika.
1. Prestasi
Belajar.
Prestasi belajar berasal dari kata “ prestasi “ dan “belajar’ prestasi
berarti hasil yang telah dicapai (Depdikbud, 1995 : 787 ). Sedangkan
pengertian belajar adalah berusaha memperoleh kepandaian atau lmu (Depdikbud,
1995 : 14 ). Jadi prestasi belajar adalah penguasaan pengetahuan atau
ketrampilan yang dikembangkan oleh mata pelajaran, lazimnya ditunjukan dengan
nilai atau angka yang diberikan oleh guru. Prestasi dalam penilitian yang
dimaksudkan adalah nilai yang diperoleh oleh siswa pada mata pelajaran
matematika dalam bentuk nilai berupa angka yang diberikan oleh guru kelasnya
setelah melaksanakan tugas yang diberikan padanya
1. Teknik
Dalam umum bahasa Indonesia teknik diartikakan cara
(kepandaian, dsb) membuat sesuatu atau melakukan sesuatu yang berkenaan
dengan kesenian (purwadarminta,: 1035). Sedangkan teknik yang dimaksud
disini adalah cara tertentu yang dilakukan oleh guru yang akan dikenakan
kepada siswanya dalam rangka mendapatkan informasi atau laporan yang
diinginkan.
1. Pekerjaan
rumah
Pekerjaan rumah atau yang lazim disebut PR dalam bahasa
Inggris “Homework “ yang artinya mengerjakan pekerjaan rumah. Dalam
penilitian ini yang dimaksudkan dengan PR adalah sebuah tugas atau pekerjaan
tertentu baik tertulis atau lisan yang harus dikerjakan diluar jam
sekolah (terutama dirumah) berkaitan dengan
pelajaran yang telah disampaikan guru untuk meningkatkan penguasaan konsep
atau ketrampilan dan sekaligus memberikan pengembangan.
VIII. RENCANA DAN PROSEDUR PENELITIAN
1. Rencana
Penelitian
1. Subjek penelitian
Subyek dalam peniltian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 1
Samudra Kulon kecamatan Gumelar, Kabupaten Banyumas jumlah siswa 38
orang.
Pertimbangan penulis mengambil subyek penilitiann tersebut
dimana siswa kelas VI telah mampu dan memiliki kemandirian dalam mengerjakan
tugas seperti PR, karena siswa kelas VI telah mampu membaca dan menulis
serta berhitung yang cukup. Selain itu penulis pengajar di kelas VI.
2. Tempat Penelitian
Dalam penilitian ini penulis mengambil lokasi di SD Negeri 1
Samudra Kulon, kecamatan Gumelar Kabupaten Banyumas penulis mengambil lokasi
atau tempat ini dengan pertimbangan bekerja pada sekolah tersebut, sehingga
memudahkan dalam mencari data, peluang waktu yang luas dan subyek penlitian
yang sangat sesuai dengan profesi penulis.
3. Waktu Penelitian
Dengan beberapa pertimbangan dan alasan penulis menentukan
menggunakan waktu penelitian selama 3 bulan Agustus s.d Oktober. Waktu dari perencanaan sampai penulisan laporan hasil
penelitian tersebut pada semester I Tahun pelajaran 2007/2008.
4. Lama Tidakan
Waktu untuk melaksanakan tindakan pada
bulan Okteber, mulai dari siklus I, Siklus II dan Siklus III.
1. Prosedur
Penelitian
Prosedur penelitian yang diterapkan dalam hal ini antara lain :
1. Perencanaan
Meliputi penyampaian materi pelajaran,
latian soal, pembahasan latian soal, tugas pekerjaan rumah ( kegiatan
penelitian utama ) pembahasan PR, ulangan harian.
2.
Tindakan ( Action )/ Kegiatan, mencakup
a. Siklus I,
meliputi : Pendahuluan, kegiatan pokok dan penutup.
b. Siklus II ( sama
dengan I )
c. Siklus III (
sama dengan I dan II )
3.
Refleksi, dimana perlu adanya pembahasan antara siklus – siklus tersebut
untuk dapat menentukan kesimpulan atau hasil dari penelitian.
IX. JADWAL PENELITIAN
X. BIAYA PENELITIAN
Akibat yang timbul dari penelitian ini
menjadi tanggung jawab peneliti, adapun biaya tersebut adalah :
1. Fotocopy
Naskah
: Rp
2. Kerta folio 1 pack : Rp 3. jilid buku : Rp 4. Rental Komputer : Rp 5. lain – lain : Rp
JUMLAH
: Rp
XI. PERSONALIA PENELITI
Penelitian ini melibatkan Tim peneliti,
identitas dari Tim tersebut adalah :
1.
Nama
: NURSIDIK
KURNIAWAN
NIM
: 813846371
Pekerjaan
: Guru Wiyata Bakti SDN 1 Samudra Kulon
Tugas
dalam penelitian : Pengumpulan dan Analisis Data
Sumber: http://nhowitzer.multiply.com |