Jangan Di Klik Link Dibawah

Home » » TUGAS METODE PENELITIAN

TUGAS METODE PENELITIAN

Pembelajaran Dengan Metode Karya Wisata Dapat Meningkatkan Perkembangan Kemampuan Berbahasa Anak Secara Langsung Dengan Cara Mengamati Dunia Nyata Di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita I Kedungadem Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro.

I.              VARIABEL
a.    Variabel Terikat
Pembelajaran dengan metode Karya Wisata
b.    Variabel Bebas
Dapat meningkatkan pengembangan kemampuan anak secara langsung dengan cara mengamati dunia nyata.

II.           IDENTIFIKASI MASALAH
Dari 28 anak kelompok A ada beberapa yang mempunyai masalah dalam pengembangan kemampuan bahasa didalam interaksi kegiatan pembelajaran di kelas.

III.        BATASAN ISTILAH
Pembelajaran dengan metode karya wisata adalah sebuah proses pembelajaran yang dapat dilaksanakan dengan cara mengamati dunia nyata dengan kenyataan secara langsung untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak.
Batasan Masalah
Obyek yang diteliti adalah siswa kelompok A TK Dharma Wanita I Kedungadem dengan pembelajaran menggunakan metode karya wisata untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak secara langsung dengan cara mengamati dunia nyata.

IV.        RUMUSAN MASALAH
a.    Apakah ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan metode karya wisata yang dapat meningkatkan pengembangan bahasa anak secara langsung di TK Dharma Wanita I Kedungadem Kecamatan Kedungadem.
b.    Apakah ada pengaruh yang signifikan tingkat pengembangan bahasa anak secara langsung di TK Dharma Wanita I Kedungadem Kecamatan Kedungadem.
c.    Apakah bersama-sama ada pengaruh yang signifikan dengan penggunaan metode karya wisata dalam pengembangan bahasa anak secara langsung di TK Dharma Wanita I Kedungadem Kecamatan Kedungadem.

V.           HIPOTESIS
a.    Ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan metode karya wisata terhadap pengembangan kemampuan berbahasa anak secara langsung di TK Dharma Wanita I Kedungadem Kecamatan Kedungadem.
b.    Ada pengaruh yang signifikan tingkat pengembangan kemampuan berbahasa anak secara langsung di TK Dharma Wanita I Kedungadem Kecamatan Kedungadem.
c.    Secara bersama-sama ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan metode karya wisata terhadap pengembangan kemampuan berbahasa anak secara langsung di TK Dharma Wanita I Kedungadem Kecamatan Kedungadem.

VI.   TUJUAN PENELITIAN
a.    Ingin mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan metode karya wisata dalam meningkatkan pengembangan kemampuan berbahasa anak secara langsung di TK Dharma Wanita I Kedungadem Kecamatan Kedungadem.
b.    Ingin mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan tingkat perkembangan kemampuan berbahasa anak secara langsung di TK Dharma Wanita I Kedungadem Kecamatan Kedungadem.
c.    Ingin mengetahui secara bersama-sama ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan metode karya wisata terhadap pengembangan kemampuan berbahasa anak secara langsung di TK Dharma Wanita I Kedungadem Kecamatan Kedungadem.

VII.     MANFAAT PENELITIAN
-         Untuk mengetahui tingkat perkembangan berbahasa anak secara langsung dalam berkomunikasi
-         Untuk merangsang kemampuan berbahasa anak dengan menggunakan bahasa secara baik dan benar
-         Penelitian lain:
Tinjauan Teoritis:
Dasar: Pengaruh yang signifikan dengan mengunakan metode karya wisata dapat meningkatkan perkembangan kemampuan berbahasa secara langsung
Kegunaan: meningkatkan perkembangan berbahasa anak secara langsung, karena dapat dilaksanakan dengan pengamatan dunia nyata, sehingga anak dapat hasil informasi melalui indra penglihatan, perabaan, pendengaran, pembauan, pengecapan.
Sumber:  Kegiatan pembelajaran di TK Dharma Wanita I Kedungadem Kecamatan Kedungadem
Tinjauan Empiris:
Dasar:  Pembelajaran dengan metode karya wisata dapat meningkatkan perkembangan kemampuan berbahasa anak secara langsung di TK Dharma Wanita I Kedungadem Kecamatan Kedungadem
Kegunaan: Meningkatkan perbendaharaan kata anak sehingga anak dapat berkomunikasi secara lancer di dalam proses pembelajaran dengan bahasa yang baik dan benar.
Sumber: Pengamatan setiap hari, di dalam kelas.

VIII.  SPESIFIKASI VARIABEL
Dari 28 anak ada beberapa yang mempunyai masalah, sulit dalam berkomunikasi dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar, akhirnya bisa mengungkapkan atau membuat judul pembelajaran dengan metode berkarya wisata dapat meningkatkan perkembangan kemampuan berbahasa anak secara langsung dengan cara mengamati dunia nyata di TK Dharma Wanita I Kedungadem Kecamatan Kedungadem.

IX.   TEMPAT PENELITIAN
POPULASI DAN SAMPEL
Populasi merupakan semua individu untuk menggeneralisasikan kegiatan-kegiatan untuk memperoleh sampel atau bisa juga disebut populasi adalah elemen penelitian yang hidup tinggal bersama dan secara teoritis menjadi target penelitian. Dari definisi di atas dijelaskan bahwa populasi adalah semua kelompok manusia, peristiwa atau benda yang tinggal bersama dalam satu tempat dan secara terencana menjadi target kesimpulan dari suatu hasil akhir dari suatu penelitian. Populasi dapat berupa guru, siswa, kurikulum, fasilitas lembaga sekolah dan hubungan lembaga sekolah. Berangkat dari dua pengertian tersebut di atas maka yang menjadi populasi dalam penilaian ini adalah seluruh peserta didik TK Dharma Wanita I Kedungadem Kecamatan Kedungadem Tahun Ajaran 2010/2011 yang terdiri dari jumlah siswa kelompok A 28 anak.
Sampel adalah suatu bagian populasi yang mempunyai syarat-syarat yang sama dengan populasi atau sebagian wakil populasi yang akan mewakili individu-individu dalam penelitian.

METODE PENELITIAN
Untuk mencapai tujuan penelitian penggunaan metode adalah merupakan alat yang sangat penting untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian.

 
DUNIA ILMU :Jendela Informasi Dunia
Copyright © 2014. DUNIA ILMU - All Rights Reserved