Jangan Di Klik Link Dibawah

Home » » AGAR PUASA RAMADHAN SUKSES

AGAR PUASA RAMADHAN SUKSES

Assalamualaikum warohamtullohi wabarokatuh
Alhamdulillahirobbil alamin ash sholatu wassalamu alaa asyrofil anbiyaI wal mursalin nabiyyina muhammadin waalaa aalihi wa ashabihi ajmain. amma badu
Dewan juri yang saya hormati
Ustadz/ustadzah pendamping yang saya hormati
Dan teman-teman santri yang saya cintai 
Marilah kita haturkan puji syukur ke hadirat Alloh subhanahu wa ta’ala yang telah memberikan nikmat iman dan Islam. Nikmat yang sangat luar biasa indahnya dan menjadi satu-satunya jalan bagi kita untuk mendapatkan ridhonya. Semoga kelak Alloh berkenan untuk memberikan kesempatan kita melangkah di syurga-Nya. Amin!!
Shalawat dan salam marilah senantiasa kita lantunkan kepada nabi kita tercinta, idola kita di dunia, Nabiyyulloh Muhammad shollallohu ‘alaihi wasallam. Nabi yang menjadi rahmatan lil alamin. Nabi yang membawa pelita kebodohan dan akhirnya membawa kita semua dalam terangnya cahaya Islam. Semoga syafaat beliau dapat kita rasakan saat di padang Mahsyar nanti.
Hadirin yang dirahmati Alloh, Pada pagi yang cerah ini, saya akan menyampaikan sebuah kajian singkat dengan judul “AGAR PUASA RAMADHAN SUKSES”.   Alloh telah berfirman dalam al-Quran surat al-Baqoroh ayat 183
$ygƒr'¯»tƒ tûïÏ%©!$# (#qãZtB#uä |=ÏGä. ãNà6øn=tæ ãP$uÅ_Á9$# $yJx. |=ÏGä. n?tã šúïÏ%©!$# `ÏB öNà6Î=ö7s% öNä3ª=yès9 tbqà)­Gs? ÇÊÑÌÈ  
Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa

Sesuai dengan ayat yang telah saya bacakan di atas, maka ukuran kesuksesan dari puasa ramadhan yang akan kita kerjakan adalah manakala kita dapat menjadi orang- orang yang bertaqwa. Nah , bagaimana caranya agar kita dapat menjadi orang-orang yang bertaqwa?  Hadirin yang dimuliakan Alloh Pertama, marilah kita siapkan diri kita agar kita benar-benar siap untuk menyongsong datangnya bulan Ramadhan.
Tanpa persiapan diri, mustahil kita dapat mengisi hari- hari kita di bulan Ramadhan dengan maksimal. Bagi yang belum suka sholat berjamaah, ayo buruan datang ke masjid untuk membiasakan diri. Bagi yang belum pernah puasa, ayo latihan puasa senin sebulan penuh. Bagi yang belum terbiasa baca quran, ayo Quran setiap habis maghrib atau setelah shalat shubuh. mari bersihkan hati kita dari segala virus-virus jahat dan penyakit hati seperti iri, dengki, marah, dendam, prasangka buruk dan sebagainya. Maka, waktu bermaaf- maafan yang paling baik sebenarnya adalah sebelum ramadhan, bukannya waktu Idul Fitri.   Ingat ya, jangan sampai terbalik. Ketika akan puasa justru nakalnya makin menjadi- jadi. Jangan sampai kita berpikir mumpung belum puasa, perbanyak maksiat dulu. Nanti taubatnya ketika ramadhan. Wah itu salah besar. Jangan sampai ditiru ya!
Hadirin yang dirahmati Alloh Kedua, mari kita bersungguh-sungguh ketika melaksanakan puasa. Puasa yang kita lakukan bukan hanya menahan lapar dan haus saja. Tetapi yang terpenting adalah menahan nafsu, baik nafsu amarah maupun nafsu syahwat. Nafsu adalah musuh terbesar yang harus ditaklukkan setiap muslim.  Jadi puasa yang kita lakukan hendaknya dapat membuat kita menjaga pandangan, tidak berbuat maksiat, tidak membuat berbagai kerusakan dan kejahatan. Jika telah demikian, maka barulah kita dapat dikatakan sebagai orang yang telah menjalankan puasa.
Hadirin yang dimuliakan Alloh Ketiga, hidupkanlah hari-hari kita selama bulan ramadhan. Ramadhan adalah bulan yang Alloh telah melipatgandakan pahala segala amalan yang dilakukan pada bulan itu. Bulan yang Alloh telah menghamparkan rahmat dan pengampunan-Nya kepada para hamba-Nya. Bulan yang memiliki keutamaan luar biasa melebihi bulan-bulan lainnya.  Bagaimana kita menghidupkan hari-hari kita? Banyak yang bisa kita lakukan. Antara lain dengan memperbanyak sedekah. Setiap ketemu orang yang meminta-minta maka kita sisihkan sedikit uang kita untuk berbagi bersama mereka. Kita juga bisa berinfaq yaitu dengan rajin mengisi kotak amal setiap kali kita shalat di masjid. Kita juga bisa memperbanyak tadarus dan menghafal al- Quran. Dan masih banyak lagi amalan-amalan yang bisa kita lakukan. Itu semua tergantung kita, kalau kita ingin mengumpulkan pahala yang banyak sebagai jaminan kita di akhirat .
Hadirin yang dirahmati Alloh Sebenarnya masih banyak hal yang dapat mewujudkan kesuksesan kita dalam menjalankan puasa Ramadhan. Namun, tiga hal yang telah saya uraikan tadi sudah cukup untuk membuat teman-teman semua tahu bagaimana mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya di bulan Ramadhan sehingga Alloh akan memasukkan kita dalam golongan orang-orang yang bertaqwa.  Orang-orang yang bertaqwa adalah orang-orang yang dekat dengan Alloh. Orang- orang ini pasti akan mendapat jaminan syurga dari Alloh. Maka dari itu, mari bersama-sama kita mempersiapkan diri untuk menyambut bulan Ramadhan ini dengan sebaik-baiknya. Ayo berlomba dalam beramal. Ayo berfastabiqul khoirot.  Alloh mencintai orang-orang yang sholeh. Mari kita jadi anak yang sholeh yang selalu menaati perintah-perintah Alloh. Sehingga kita selamat di dunia dan di akhirat. Allohu akbar !!!!!!!!!!

Orang desa orang kota
Berjumpa saat lebaran tiba
Banyak salah dalam berkata harap dimaafkan ya

Akhiru kalam
Wassalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh  



 
DUNIA ILMU :Jendela Informasi Dunia
Copyright © 2014. DUNIA ILMU - All Rights Reserved