Jangan Di Klik Link Dibawah

Home » » T-Pain Effect menggunakan Antares Autotune

T-Pain Effect menggunakan Antares Autotune

T-Pain Effect menggunakan Antares Autotune. Apa itu T-Pain? Pernah dengar suara vocal di radio yang terdengar seperti suara robot? atau lebih mudahnya adalah suara vocal pada lagu Online yang dinyanyikan oleh Saykoji dan juga lagu Cinta Satu Malam yang di nyanyika oleh penyanyi Melinda? Terdengar dengan jelas kedua lagu tersebut suara vocalnya seperti suara robot.

Nah, itulah yang dinamakan Effect T-Pain. Saat ini saya ingin memberi tutorial bagaimana membuat suara vocal menggunakan efek T-Pain dengan software Antares Autotune.

Pertama, yang pasti anda mempunyai software VST Antares Autotune yang telah terinstal di Daw anda (dalam tutorial ini, saya menggunakan steinberg cubase versi 5).

Yang kedua adalah, download sample vocal yang telah saya rekam di http://www.mediafire.com/?rovxvrk6tos7to1
Sample suara vocal ini suara teman saya dari band Late Night In Jakarta.


.
Oke, apabila anda sudah melakukan hal yang ada diatas, anda akan mempunyai sebuah project yang mempunyai sample rate 48khz dan bit resolution / record format 24bit.

Di Project yang sudah anda buat, anda seharusnya mempunyai satu buah track mono yang di dalam track tersebut ada sample vocal yang sudah didownload di atas

Di track tersebut, masukan VST Antares Autotune di slot insert


Lalu disaat plugins auto-tune muncul, settinglah seperti gambar dibawah ini.
klik untuk memperbesar gambar


Coba perhatikan Key dan Scale
Key "biasa nya" disetting sama dengan kunci dasar atau pertama dalam lagu, nah pada sample vocal, kunci dasar nya adalah di kunci C, dan bermain di Mayor / Major



Retune Speed
Semakin di setting lebih kecil (lebih cepat) berarti lebih cepat pula me-retune atau memperbaiki tune yang ada pada vocal, semakin keci Retune Speed disetting, semakin terdengar seperti suara robot. Nah fitur ini lah sebenarnya yang digunakan untuk membuat efek T-Pain

Setelah disetting seperti gambar screenshot diatas, coba dengarkan... suara vocal nya akan terdengar seperti suara robot bukan?

Ini adalah hasil dari tutorial ini http://www.mediafire.com/?5p3zp1kc4nkem30

 
DUNIA ILMU :Jendela Informasi Dunia
Copyright © 2014. DUNIA ILMU - All Rights Reserved