Marketing pemasaran
adalah sejumlah kegiatan yang saling terkait, yang tujuannya adalah
untuk memahami kebutuhan konsumen serta mengembangkan distribusi,
pelayanan, promosi, dan harga. Denga demikian, konsumen dapat terpuaskan
kebutuhannya. Ada pula yang menyederhanakan pengertian pemasaran
(marketing) sebagai semua kegiatan yang berhubungan dengan penyampaian
produk atau jasa dari produsen ke konsumen.
Marketing pemasaran merupakan ujung tombak yang sangat menentukan
keberhasilan sebuah bisnis. Keberhasilan pemasaran berarti keberhasilan
bisnis. Sebaliknya, kegagalan pemasaran bermakna kegagalan bisnis.
Apalah artinya produk berkualitas, harga kompetitif, dan peluang pasar
terbuka lebar jika semua nilai lebih ini gagal dipasarkan. Ketika
konsumen tidak dapat menangkap nilai lebih sebuah produk atau jasa
akibat kegiatan pemasaran tidak mampu mengemas dan menyampaikan pesan
secara benar, dapat dipastikan tindakan pembelian yang merupakan tujuan
akhir sebuah bisnis tidak akan terjadi.
Sedemikian penting peran marketing pemasaran dalam menentukan hidup
matinya sebuah organisai bisnis. Oleh karena itu, seluruh kegiatan
marketing, yang antara lain meliputi penentuan desain produk, aktivitas
promosi, cara-cara beriklan, penyampaian produk ke konsumen, komunikasi
dengan konsumen, hingga distribusi produk sampai ke tangan para
konsumen, harus dilakukan menggunakan strategi-strategi yang jitu.
Strategi marketing pemasaran yang jitu ini harus diterapkan pada
semua lini kegiatan marketing, termasuk aktivitas marketing secara
online. Secara umum, kegiatan pemasaran secara online meliputi hal-hal
berikut ini.
- Presentasi di web atau blog.
- Kegiatan beriklan dengan menggunakan media banner.
- Kegiatan promosi melalui email.
- Kegiatan promosi menggunakan mesin pencari.
- Kegiatan promosi di jaringan sosial
Untuk mancapai hasil yang optimal dari sebuah kerja pemasaran, setiap
jenis kegiatan pemasaran secara online harus didukung dengan strategi
yang tepat. Sinergi antara suatu jenis kegiatan pemasaran dengan
strategi yang tepat dapat menjadi formula jitu untuk mencapai
keberhasilan. Berikut adalah strategi-strategi yang tepat diterapkan
pada masing-masing aktivitas pemasaran online.
- Presentasi di web atau blog
- Membuat desain web atau blog semenarik mungkin, baik dari aspek tata letak, pemilihan warna, gambar, maupun foto atau animasi.
- Membuat tampilan web atau blog nyaman untuk mata. Kita tentu sering menjumpai web atau blog yang isinya sebenarnya menarik, tetapi tampilan yang terasa tidak nyaman membuat kita malas untuk berlama-lama mengunjungi web atau blog tersebut. Ketidaknyamanan ini dapat bersumber dari warna latar yang terlalu gelap atau terlalu mencolok, animasi yang mengganggu konsentrasi membaca, atau gambar dan animasi yang terlalu banyak sehingga proses pemuatan menjadi sangat lambat.
- Sajikan informasi yang meyakinkan dan mudah diakses.
- Buatlah prosedur pemesanan produk yang semudah mungkin bagi konsumen.
- Sertakan daftar harga pada setiap produk atau jasa yang Anda tawarkan.
- Beriklan menggunakan banner
- Tempatkan banner di tempat yang tepat, antara lain sebagai berikut; media-media online ternama, situs jejaring sosial, seperti Twitter dan Facebook, serta situs web-situs web yang banyak dikunjungi oleh pengguna internet.
- Kegiatan promosi melalui email
- Perlakukan calon konsumen sebagai individu. Kirimkan email yang bersifat personal. Satu email ditujukan untuk satu calon konsumen, dengan menyapa nama orang per orang. Hindari mengirim email yang ditujukan untuk banyak orang sekaligus.
- Tindaklanjuti satu email promosi dengan email berikutnya, hingga lima atau enam email. Email yang dikirim belakangan harus memperjelas email yang dikirim lebih dahulu. Mengirim hanya satu email biasanya tidak akan menghasilkan apa pun.
- Jika tidak memungkinkan dilakukan secara manual, promosi melalui email dapat dilakukan dengan menggunakan software autoresponder.
- Kegiatan promosi menggunakan mesin pencari.
- Bekerja sama dengan jasa SEO untuk meningkatkan peringkat web di mesin pencari.
- Kegiatan promosi di jaringan sosial
- Membuat akun di sejumah jaringan sosial.
- Mencari teman sebanyak mungkin.
- Melakukan komunikasi secara intens dengan teman-teman di jaringan sosial.
- Promosikan produk yang dijual dan bincangkan dengan teman-teman di jaringan sosial.
- Bergabung dengan situs-situs pengiklan
- Pilihlah cara beriklan yang berbayar (bukan iklan gratis). Dengan membayar, iklan akan terus ditayangkan.
- Mintalah komentar positif tentang produk Anda dari para kolega Anda. Cara ini dapat menjadi salah satu jalan untuk meyakinkan calon konsumen bahwa produk Anda memang berkualitas dan layak dibeli. Buktinya adalah banyaknya pembeli lain yang memuji produk Anda.
Masih banyak strategi marketing pemasaran
online lain yang dapat Anda terapkan. Anda dapat menemukan informasi
sebanyak mungkin tentang hal ini di internet. Lalu, memilih salah satu
atau beberapa strategi pemasaran yang paling Anda kuasai, Anda rasa
paling cocok dengan produk yang Anda jual dan citra perusahaan Anda,
serta sesuai dengan biaya yang Anda anggarkan.