BAB
I
PENDAHULUAN
1.
LATAR BELAKANG
Pada zaman modern seperti sekarang,
teknologi merupakan kebutuhan utama bagi setiap manusia. Teknologi tidak
menjadi barang mewah yang dapat dipakai untuk semua kalangan. Misalnya untuk
membuat makanan, manusia tidak perlu bersusah payah mencari cara pembuatan
melalui koran atau majalah, kita cukup mencarinya melalui internet. Dimanapun
kita berada kita dapat menggunakan layanan dari teknologi tersebut. Teknologi
merupakan sesuatu yang memberikan kemudahan kepada kita, seperti telepon,
layanan internet dan lain-lain. Selain itu, teknologi sering kita jumpai dalam
suatu permainan, seperti Playstation, Nintendo, PSP, dan masih banyak lagi.
Dalam karya tulis ini akan membahas
tentang playstation yang dapat memberikan pengaruh-pengaruh terhadap
perkembangan otak anak. Hal ini sudah dapat kita lihat sehari-hari dimana banyak
anak-anak yang menggunakan playstation sebagai sarana mengisi waktu luang dibandingkan
belajar. Untuk lebih jelasnya, dibawah ini saya telah memberikan penjelasan
yang lebih lengkap dan akurat.
2.
RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang yang telah
dikemukakan, penulis merumuskan beberapa masalah yang akan dibahas dalam karya ilmiah
yaitu:
1. Apakah
pengertian Playstation itu?
2. Bagaimanakah
cara kerja Playstation itu?
3. Bagaimanakah
pendapat para pelajar terhadap pengaruh Playstation?
4.
Apakah dampak yang ditimbulkan dari
Playstation terhadap perkembangan otak anak?
3.
TUJUAN PENULISAN
Penelitian
karya ilmiah tentang pengaruh playstation ini diharapkan dapat bermanfaat bagi
pembaca. Selain itu, pembaca dapat menambah pengetahuan tentang berbagai aspek
dari playstation, yaitu:
1. Untuk
memberikan gambaran tentang pengertian playstation
2. Untuk
mengetahui pengaruh playstation terhadap
perkembangan otak anak
3. Untuk
menjelaskan cara kerja playstation
4. Untuk
mengetahui dampak yang ditimbulkan playstation
5. Untuk memberikan sedikit pengetahuan tentang
macam-macam playstation
4. SISTEMATIKA
Karya ilmiah berjudul “Pengaruh Playstation
Terhadap Perkembangan Otak Anak” menggunakan sistematika sebagai berikut:
BAB I
Pendahuluan
I.1 Latar
Belakang
I.2 Rumusan
Masalah
I.3
Manfaat Penulisan
I.4 Sistematika
BAB II Pembahasan
II.1 Pengertian Playstation
II.2 Cara Kerja Playstation
II.3 Dampak yang Ditimbulkan dari Playstation
II.4 Cara Pengendalian Anak yang Kecanduan
BAB III Penutup
III.1 Kesimpulan
III.2 Saran
III.3
Lampiran
BAB
II
PEMBAHASAN
1.
PENGERTIAN PLAYSTATION
Playstation adalah suatu teknologi yang
canggih dalam bidang permainan. Playstation merupakan rangkaian sistem yang dapat menampilkan
gambar, suara, gerak yang keluar jika dihubungkan dengan televisi melalui kabel
penghubung. Playstation merupakan salah satu sarana anak-anak ataupun pelajar
untuk menghilangkan kejenuhan. Permainan Playstation ini merupakan permainan
berbasis program komputer yang memberikan jenis permainan baru yang sangat
disukai anak-anak. Permainan ini disukai karena banyak menawarkan beraneka
ragam tema, gambar serta efek suara yang menarik. Anak dapat memainkan
permainan sepak bola, balap mobil, balap motor, permainan detektif, penelusuran
hutan rimba, dan beragam tema lainnya.
Beberapa orang mendefinisikan playstation
sebagai berikut:
Ø Menurut
Ferdi (2011), playstation adalah “32-bit generasi kelima video game konsol
dirilis oleh Sony Computer Entertainment
pada bulan Desember 1994”.
Ø Menurut
Ilham B.F (2011), “PlayStation
adalah jenis permainan elektronik
yang dilengkapi dengan gambar atau visual berupa video (console game).
PlayStation atau PS ini pertama kali dikeluarkan di Jepang tahun 1994 oleh
perusahaan Sony. Sejak saat itu, PS langsung menjadi permainan favorit
anak-anak”.
Playstation bukan lagi suatu teknologi
baru, namun sudah menjadi barang hiburan yang mendunia. Saat ini memang sudah
banyak yang menggunakan playstation. Pengguna playstation tidak hanya para
remaja, namun seiring dengan berjalannya waktu pengguna playstation antara lain
anak dibawah umur dan para orang tua juga ikut menggunakan permainan itu.
Fenomena ini memang belum banyak yang tau.
Perkembangan teknologi yang semakin
canggih memberikan suatu trobosan baru, terutama dalam bidang permainan. Hal
ini membuat perancang semakin berfikir untuk memberikan inovasi-inovasi lain
untuk mengembangkannya lagi. Trobosan-trobosan yang telah ada saat ini seperti
trobosan pada playstation yaitu dari playstation 1 menjadi playstation 2 yang
lebih canggih dari sebelumnya. Dan baru-baru ini muncul playstation 3 yang
menggunakan 3 dimensi. Selain playstation ada juga PSP, Nintendo dan Nintendo wii.
Playstation merupakan salah satu
teknologi yang memberikan layanan-layanan tentang permainan. Layanan yang
diberikan tentu membuat semua orang terutama para gamers menyukainya. Diantaranya:
ü Permainan
olahraga: PES, Winning Eleven, FIFA Soccer,
Formula 1, Super Golf, EA Replay, FIFA
Street, dan lain-lain.
ü Permainan
aksi: Hulk, God of War, Batman Begins,
Dynasty Warriors, Prince of Persia, dan lain-lain.
ü Permainan
petualangan : Naruto, Avatar, Bully,
Grand Theft Auto, Final Fantasy, Indiana
Jones and Emperor’s Tomb, Inuyasa, dan lain-lain.
ü Permainan
strategi: Black Houwk Down, Socom, Army
of Two, Bakugan Battle Brawlers, Brother in Arms, dan lain-lain.
ü Permainan
pertarungan: Smack Down, Bleach, Naruto,
Digimon Rumble Arena, Dragon Ball, dan lain-lain.
2.
CARA KERJA PLAYSTATION
Playstation bekerja disaat pengguna akan
menggunakannya saja. Namun sebelum playstation berkerja kita sudah memasangkan
semua kabel yang terdapat pada playstation tersebut pada televisi. Selanjutnya
pasangkan kabel untuk menghidupkan playstation pada saluran listrik. Hal lain
yang perlu diingat yaitu sebelum memasangkan kabel pada saluran listrik,
terlebih dahulu pasang kaset CD yang akan dimainkan. Penggunaan playstation
memang mudah dan sangat praktis.
Setelah playstation selesai digunakan,
cabut kembali semua kabel yang di pasangkan pada saluran listrik untuk
menghindari konslet. Cara kerja playstation tidak memerlukan banyak waktu,
karena setelah memasangkan kabel ke saluran listrik, otomatis playstation akan
bekerja.
3.
DAMPAK YANG DITIMBULKAN DARI PLAYSTATION
Telah
kita singgung tadi bahwa playstation merupakan suatu trobosan teknologi dalam
bidang permainan. Playstation merupakan permainan semua kalangan yang mendunia,
tidak hanya anak-anak namun para pelajar dan orang tua pun ikut menggunakannya.
Playstation adalah sarana menghilangkan kejenuhan, akan tetapi playstation
mempunyai dampak positif dan negatif yang dapat mempengaruhi perkembangan otak
anak.
Beberapa
dampak yang ditimbulkan akibat playstation, antara lain:
A. Dampak
Positif
Playstation dapat
memberikan dampak positif terhadap perkembangan otak anak, yaitu:
a) Dapat
memberikan penyegaran terhadap otak anak setelah seharian berfikir
b) Memberikan
suatu hiburan positif daripada meluangkan waktu dengan hal yang negatif
c) Dapat
mengasah otak anak dalam mengaplikasikan teknologi, terutama dalam permainan
d) Dapat
menumbuhkan kekreatifan anak
B. Dampak
Negatif
Selain
memiliki dampak positif, playstation juga memiliki dampak negatif yang dapat mempengaruhi
perkembangan otak anak, antara lain:
a) Dapat
membuat anak menjadi bermalas-malasan dan tidak mau belajar
b) Pengaruh
permainan yang ekstrim dapat membuat anak mengikuti perbuatan tersebut,
misalnya pada permainan balap motor, balap mobil, smack down, ataupun pertarungan.
c) Membuat
anak menjadi kecanduan
d) Dapat
mengurangi minat belajar
e) Membuat
waktu luang yang seharusnya dipakai untuk belajar digunakan untuk bermain
playstation
4.
CARA PENANGGULANGI ANAK YANG KECANDUAN
Playstation
dapat membuat anak menjadi kecanduan untuk selalu bermain dan bermain, hal itu
memang dapat terjadi karena sudah menjadi hobi ataupun kurangnya pengawasan
dari orang tua. Orang tua seharusnya dapat mengatur gerak-gerik anaknya agar
menjadi apa yang diinginkan. Dalam hal ini penulis mempunyai beberapa cara
menanggulangi anak yang sudah kecanduan playstation, diantaranya:
a) Membatasi
waktu luang anak untuk bermain dan dialihkan untuk belajar
b) Orang
tua memberikan nasehat tentang dampak-dampak negatif bermain playstation
c) Membuat
suasana yang nyaman di rumah
BAB
III
PENUTUP
1.
KESIMPULAN
Berdasarkan
keterangan diatas dapat disimpulkan bahwa playstation merupakan suatu jenis
permainan elektronik yang dapat menampilkan gambar, suara dan gerak.
Playstation dapat memberikan dampak positif seperti menghilangkan kejenuhan dan
mengasah kreativitas anak. Selain itu playstation juga memberikan dampak
negatif seperti mengurangi minat belajar pada anak dan membuat anak menjadi
bermalas-malasan.
2.
SARAN
a) Kita
dapat menggunakan layanan playstation sebagai sarana menghilangkan kejenuhan
namun tidak terus menerus dalam penggunaannya.
b) Sebaiknya
orang tua tetap mengawasi anaknya dan selalu berusaha memberikan
nasehat-nasehat agar terhindar dari perbuatan yang ada pada playstation.
c) Sebaiknya
menggunakan waktu luang tidak hanya untuk bermain playstation tetapi juga
diimbangi dengan belajar dengan tekun.