Jangan Di Klik Link Dibawah

Home » » PSIKOLOGI PENDIDIKAN

PSIKOLOGI PENDIDIKAN


A.Perlu dan pentingnya psikologi pendidikan
            Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang berusaha memahami sesame manusia,dengan tujuan untuk dapat memperlakukanya dengan lebih tepat,kata psikkologi sering diterjemahkan menjadi ilmu jiwa yakni dari katapsyche yang berarti jiwa,roh dan logos berarti ilmu….
Sebenarnya terjemahan tersebut kurang tepat karena bertitik tolak dari pandangan dualisme manusiayaitu jasmani dan rohani
Dengan singkat dapat kita katakan bahwa psikologi adalah ilmu ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia,yang dimaksud  tingkah laku disini adalah segala kegiatan atau tindakan atau perbuatan manusia yang kelihatan,yang disadari maupun tidak disadari .
Contoh : Cara kita berbicara,berjalan ,berfikir atau mengambil keputusan ,cara ia melakukan sesuatu dll.
Dengan demikian jelas bahwa dalam batasan ini yang dipelajari psikologio adalah tingkah laku manusia,yakni interaksi manusia dengan dunia disekitarnya ,baik yang berupa manusia lain (human relationship) maupun yang bukan manusia,hewan,iklim,kebudayaan dsb.
Obyek psikologi dan macam-macamnya Obyek Psikologi dibedakan menjadi 2 macam yaitu:
1.      Obyek material,yakni obyek yang dipandang secara keseluruhanya  adapun obyek material dari psikologi adalah manusia-manusia disamping menjadi obyek psikologi juga ,emjadi obyek bagi ilmu-ilmu lainya.
2.      Obyek formal yakni berbeda-beda menurut zaman dan pandangan para ahli masing-masing  pada aliran bihavioriresme yang timbul di As pada permulaan abad ke -20 ,ini yang menjadi obyek adalah tingkah laku manusia yang tampak (lahiriah) sedangkan pada aliran psikologi yang dipelopori Freud,adalah gejala-gejalaketidak sadaran manusia.
Pada umumnya Psikologi itu dapat dibagi menjadi dua golongan besar yakni:
1.      Psikologi metafisika,yakni menyelidiki hakekat jiwa.
2.      Psikologi empiri yakni yang menyelidiki gejala-gejala kejiwaan manusia .
Psikologi empiri dapat dibagi lagi menjadi :
1.      Psikologi umum ,yakni yang menyelidiki atau mempelajari kejiwaan manusia pada umumnya.
2.      Psikologi khusus yakni yang menyelidiki gejala-gejala kejiwaan manusia menurut aspek-aspek tertentu sesuai dengan pandangan serta tujuan .

Bermacam-macam Psicologi antara lain
1.      Psikologi Perkembangan
2.      Psikologi pemuda
3.      Psikologi Kedikteran (parno Psikologi)
4.      Psikologi Kriminal
5.      Psikologi Teknik
6.      Psikologi Pendidikan
7.      Psikologi (ilmu watak)
8.      Psikologi Sosial
9.      Psikologi Gestalr
10.  Psikologi Bihaviorisme
11.  Psikologi Ketidak sadaran (Psikoanalisa,Individual,Psikologi,dan Analitise Psikologi)

Hubungan Pikologi dengan ilmu lain.
Bagaiomana Psikologi dapat berhubungan dengan ilmu yang lain terutama dengan Antropologi,Sosiologi,Fisiologi.
Psikologi dengan Antropologi yakni
            Antropologi berarti ilmu tentang manusia ,Antropologi berarti  manusia,antropos berarti manusia ,dan logos berarti ilmu,Antropologi dapat dibagi menjadi dua bagian,yaitu antropologi fisik berhubungan dengan ciri-ciri fisik dari berbagai manusia didunia,(mempelajari,ras warna kulit,bentuk dan warna rambut).Antropologi kebudayaan berhubungan dengan berbagai kebudayaan,kepribadian yang tipikal terdapat dalam tiap kebudayaan pengaruh-pengaruh kebudayaan terdapat kepribadian seseorang dan masyarakat jadi Psikologi dan Antropologi keduanya menyangkut daerah dan masalah –masalah tertentu yang bersamaan keduanya saling mengisi.

 
DUNIA ILMU :Jendela Informasi Dunia
Copyright © 2014. DUNIA ILMU - All Rights Reserved