Jangan Di Klik Link Dibawah

Home » » Hikayat Abu Nawas : Memindahkan Istana Ke Gunung rita,dongeng

Hikayat Abu Nawas : Memindahkan Istana Ke Gunung rita,dongeng

Setelah membaca kitab tetang kehebatan Raja Sulaiman yang mampu memerintahkan para jin memindahkan singgasana Ratu Bilqis didekat istananya. Baginda Raja Harun Al-Rasyid merasa tertarik dan ingin istanya dipindah ke atas gunung.

Abu Nawas yang terkenal amat cerdik segera dipaggilnya. “Abu Nawas, kau harus memindahkan istanaku ke atas gunung agar aku lebihleluasa melihat negeriku!” perintah Baginda.
Abu Nawas hanya terdiam, karena ia tidak mungkin menolak kecuali memang ingin dihukum. Abu Nawas pulang dengan hati gunda karena harus menyelesaikan proyek raksasa dalam waktu satu bulan. “Ini perintah gila…tapi jangan dikira aku tak sanggup melakukannya…akal dibalas dengan akal” gumamnya. Hari-hari dilewati dengan kegundahan. Akhirnya pada hari kesembilan ia menemukan caranya, esok ia menghadap Baginda.
“Ampun Tuanku, hamba akan memindahkan istana Paduka dua puluh hari lagi, tepat pada Hari Raya Idul Qurban. Hamba mohon Baginda menyembelih sepuluh ekor sapi yang gemuk untuk dibagikan langsung kepada fakir miskin” usul Abu Nawas.
“Usulmu kuterima” jawab Baginda menyetujui.
Desas-desus mulai tersebar ke seluruh pelosok negeri. Hari yang dinantikan pun tiba. Setelah selesai shalat Idul Qurban berjamaah, sepuluh sapi disembelih lalu dimasak dan dibagikan kepada fakir miskin. Kini giliran Abu Nawas bersaksi. Ia berjalan mendekati istana dan berdiri mematung seolah ada yang ditunggu.
“Abu Nawas, mengapa belum juga kau angkat istanaku?”perintah Baginda yang tak sabar menantinya.
“Hamba sudah siap sejak tadi Baginda” kata Abu Nawas.
“Apa Maksudmu? Kalau sudah siap, apa yang kau tunggu?
“Hamba menunggu istana Paduka yang mulia diangkat seluruh rakyat yang hadir untuk diletakkan diatas pundak hamba. Setelah itu tentu hamba akan memindahkan istana ke atas gunung sesuai titah paduka” Jawabnya.Baginda Raja Harun Al-Rasid hanya diam terpana.


 
DUNIA ILMU :Jendela Informasi Dunia
Copyright © 2014. DUNIA ILMU - All Rights Reserved